Minggu, 03 November 2013

Makalah Penerapan Sila Pancasila dalam Keperawatan



PENERAPAN SILA-SILA PANCASILA DALAM KEPERAWATAN
Disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok
Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Dosen Pembimbing Slamet Darsono
Oleh :
1.      Nisa Aprilia Saputri (13043)
2.      Nur Hidayati (13044)
3.      Nurifatul Farida (13045)
4.      Nurul Rachmawati (13046)
5.      Pandu Sukmo Nugroho (13047)
6.      Pitria Dewi Wulan (13048)
7.      Pristian Aji Saputro (13049)
8.      Restu Desniawati  (13050)
9.      Restu Putri Andiansari (13051)
10.  Rika Nur Khanifah (13052)
AKADEMI KEPERAWATAN KABUPATEN PURWOREJO
Tahun Ajaran 2013/2014
KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah Penerapan Sila-sila Pancasila dalam Keperawatan ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Slamet Darsono selaku Dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai penerapan sila-sila Pancasila dalam keperawatan. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.


Purworejo, Oktober 2013


Penyusun




DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………………… 2
Daftar Isi……………………………………………………………………………………. 3
Bab I Pendahuluan
A.    Latar belakang………………………………………………………………………. 4
B.     Rumusan masalah…………………………………………………………………… 5
C.     Tujuan………………………………………………………………………………. 5
Bab II Pembahasan
Penerapan Sila-sila Pancasila dalam Keperawatan…………………………………………. 6
Bab III Penutup
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………. 10
B.     Saran………………………………………………………………………………... 10
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………… 11













BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Saat ini telah banyak sekali terjadi perubahan - perubahan yang cukup pesat dan luas di seluruh dunia sebagai akibat adanya kemajuan daya nalar/pikir manusia. Perubahan Sosial dan Budaya akan menghasilkan perubahan tata nilai, tetapi karena tata nilai baru belum melembaga sementara tata nilai lama mulai ditinggalkan, maka dapat menimbulkan berbagai gejolak, ketidakpastian, rasa cemas dan kegelisahan.
            Bangsa Indonesia harus makin memantapkan kesetiaannya kepada Pancasila, dengan cara menghayati mengamalkannya dalam segala bidang kehidupan Ekonomi, Sosial Budaya. Kehidupan manusia tanpa mengenal Ketuhanan Yang Maha Esa pada sila yang pertama dapat mengakibatkan mereka kehilangan nilai-nilai etik, moral dan spiritual. Tanpa Kemanusiaan yang adil dan beradab, kemajuan bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi justru akan memerosokkan nilai-nilai kemanusiaan ke dalam tempat yang rendah.
            Tanpa nilai Persatuan dan Kesatuan, bangsa Indonesia akan mengalami perpecahan dari dalam, misalnya permusuhan antar suku bangsa, antar agama atau ras. Tanpa nilai - nilai Kedaulatan rakyat, dapat disaksikan tumbuhnya kekuatan kekuatan pemerintahan yang sewenang-wenang yang akhirnya terjadi pertentangan antara pemerintah dan rakyat. Tanpa nilai-nilai Keadilan sosial, dapat disaksikan kesenjangan sosial dalam masyarakat,akan terjadi kecemburuan sosial antara si kaya dan si miskin. Lebih lanjut hal ini dapat menimbulkan keresahan dan perpecahan yang selanjutnya dapat membahayakan kelestarian hidup bangsa dan negara.
            Oleh sebab itu, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila mutlak harus dihayati dan diamalkan oleh masyarakat Indonesia, agar kita dapat terhindar dari akibat-akibat buruk yang dibawa oleh zaman tersebut.


B.     Rumusan Masalah
1)      Apa saja penerapan Pancasila dalam dunia keperawatan?

C.     Tujuan
Siswa dapat mengetahui dan memahami penerapan Pancasila dalam dunia keperawatan.


























BAB II
PEMBAHASAN

Penerapan Sila-sila Pancasila dalam Keperawatan

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
a.       Ikut mendoakan kesembuhan pasien meskipun berbeda keyakinan.
b.      Memberikan kesempatan kepada pasien untuk berdoa atau sholat sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing sebelum dan sesudah melakukan tindakan keperawatan.
c.       Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah masing-masing jika antara perawat maupun dokter berbeda keyakinan dengan pasien.
d.      Perawat membantu pasien yang ingin menghormati dan melaksanakan ibadahnya saat pasien dalam keadaan keterbatasan.
e.       Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan perlu bersikap sadar, murah hati dalam arti bersedia memberikan bantuan dan pertolongan kepada pasien dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan.
f.       Perawat yang jujur dan tekun dalam tugas.
g.      Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
h.      Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
a.       Memberikan pelayanan yang adil tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya sesuai dengan penyakit yang diderita pasien.
b.      Dalam merawat pasien hendaknya menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dengan tidak memperlakukan pasien dengan semena-mena.
c.       Perawat merawat pasien dengan penuh perasaan cinta, serta sikap tenggang rasa dan tepa selira.
d.      Membela pasien (Patien Advocate) pada saat terjadi pelanggaran hak-hak pasien, sehingga pasien merasa aman dan nyaman.
e.       Perawat memberikan informasi dengan jujur dan memperlihatkan sikap empati yaitu turut merasakan apa yang dialami oleh pasien.
f.       Meningkatkan dan menerima ekspresi perasaan positif dan negatif pasien dengan memberikan waktu untuk mendengarkan semua keluhan dan perasaan pasien.
g.      Perawat memiliki sensitivitas dan peka terhadap setiap perubahan pasien.
h.      Perawat bersedia mengerti terhadap kecemasan dan ketakutan pasien.
i.        Perawat harus memiliki minat terhadap orang lain dan memiliki wawasan yang luas.
j.        Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
k.      Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

3.      Persatuan Indonesia
a.       Mengembangkan kerjasama sebagai tim dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan.
b.      Mengutamakan kepentingan dan keselamatan pasien daripada kepentingan pribadi.
c.       Perawat harus menjalin hubungan baik terhadap sesama perawat lain, staf kesehatan lainnya, pasien dan keluarga agar tidak terjadi konflik yang menimbulkan perpecahan.
d.      Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
e.       Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
f.       Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
g.      Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
h.      Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
i.        Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
j.        Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

4.      Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
a.       Sebelum melakukan tindakan perawatan kepada pasien perawat hendaknya mengutamakan musyawarah  dengan pasien dan keluarga pasien dalam mengambil keputusan.
b.      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur serta dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan, mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
c.       Perawat hendaknya membiasakan diri menahan pembicaraan tentang hal – hal pasien dengan orang yang tak mempunyai hal dalam hal itu dan yang tidak mengerti soal perawatan pasien, meskipun orang tersebut keluarga pasien sendiri.
d.      Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
e.       Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
f.       Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
g.      Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
h.      Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
i.        Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
j.        Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
k.      Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.
5.      Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
a.       Mengembangkan sikap adil dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban terhadap semua pasien.
b.      Perawatan pasien dilaksanakan dengan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan antara pasien, keluarga pasien, perawat, dokter serta tim paramedis dan medis lainnya.
c.       Antara hak dan kewajibannya perlu diseimbangkan. Lebih mementingkan keselamatan pasien tapi tidak mengabaikan keselamatan perawat itu sendiri.
d.      Perawat mampu mencurahkan waktu dan perhatian, sportif dalam tugas, konsisten serta tepat dalam bertindak.
e.       Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
f.       Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
g.      Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
h.      Menghormati hak orang lain.
i.        Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
j.        Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
k.      Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
l.        Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
m.    Suka bekerja keras.
n.      Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
o.      Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan social.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
      Pancasila adalah pandangan hidup bangsa dasar negara Republik Indonesia. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia, maka manusia Indonesia menjadikan pengamalan Pancasila sebagai perjuangan utama dalam kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan kenegaraan. Oleh karena itu, pengamalannya harus dimulai setiap warga negara Indonesia, setiap penyelengara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengamalan Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan baik di pusat maupun di daerah.
      Dalam menjalankan profesi sebagai perawat, memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien merupakan sebuah kewajiban. Bukan semata-mata hanya karena uang. Ketulusan melayani tanpa membeda-bedakan satu sama lain  merupakan salah satu implementasi dari sila yang terkandung dalam pancasila.
     
B.     Saran
      Berdasarkan uraian di atas, kiranya kita dapat menyadari bahwa Pancasila merupakan falsafah negara kita Republik Indonesia, maka kita harus menjunjung tinggi dan mengamalkan sila-sila dari pancasila tersebut dengan setulus hati dan penuh rasa tanggung jawab.









DAFTAR PUSTAKA

Choirina, Izhati. 2013. Nilai-nilai Pancasila dalam Praktik Keperawatan. http://chahafshawaty.blogspot.com/2013/03/nilai-nilai-pancasila-dalam-praktik.html . Diakses pada 6 Maret 2013
Faulina, Fita. 2012. Pancasila Sebagai Norma dan Budaya. http://fitafaulina.blogspot.com/2012/11/pancasila-sebagai-norma-dan-budaya.html . Diakses pada 19 November 2012
Saputra, Aliyani. 2012. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Tugas Keperawatan. http://aly-hidupsehat.blogspot.com/2012/10/penerapan-nilai-nilai-pancasila-dalam.html . Diakses pada 12 Oktober 2012
Tedjho. 2012. Ketulusan Perawat sesuai dengan Sila Pancasila Dapat Mempercepat Kesembuhan Pasien. http://tedjho.wordpress.com/2012/04/15/ketulusan-perawat-sesuai-dengan-sila-pancasila-dapat-mempercepat-kesembuhan-pasien/. Diakses pada 15 April 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar