Sabtu, 27 Desember 2014

Fisura dan Fistula



Pencegahan Fisura
Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Namun kondisi ini dapat dicegah dengan beberapa cara,antara lain dengan  cara :
·                     Berolahraga secara rutin
·                     Menjaga daerah anal tetap kering
·                     Menjaga diet tinggi serat
·                     Minum banyak air untuk membasuh zat beracun dari kandung kemih anda
Fisura ani memang mudah untuk mengalami rekurensi (kekambuhan). Kekambuhan fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera ulang pada daerah anus tersebut.
Untuk mencegah kekambuhan fisura ani, sebaiknya anda mulai melakukan perubahan pada gaya hidup anda, antara lain dengan :
·                     Tingkatkan konsumsi makanan berserat
·                     Tingkatkan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan serat harus diimbangi dengan minum cairan dalam jumlah banyak. Peningkatan asupan cairan ke dalam tubuh tanpa diikuti oleh peningkatan asupan serat tidak akan memberikan pengaruh yang bermakna mencegah dan mengatasi konstipasi yang dapat memicu kekambuhan fisura ani.
·                     menghindari konsumsi kafein, teh atau alkohol yang berlebihan
·                     menghindari kebiasaan menunda buang air besar

Pencegahan Fistula
Sebenarnya tidak ada pencegahan yang khusus, tetapi dengan tidak menahan waktu ada perasaan buang air besar dan kebersihan di daerah dubur dijaga, terlebih untuk mereka yang lama duduk ditempat yang panas atau mudah berkeringat kemungkinan terjadinya anal abses atau fistula dapat diperkecil.

Jika fistula ini sudah terjadi lama (kadang hingga beberapa tahun) ada kemungkinan jaringan dilubang luar fisula disekitar dubur dapat berubah menjadi kanker. Sebaiknya jika terjadi fistula, segera memeriksakan diri ke dokter. - See more at: http://www.rs-premierjatinegara.com/healthinfo/DefaultEvent.aspx?id=11#sthash.jBhYhmGo.dpuf

Perawatan post op Fisura
Post operasi dapat buang air besar seperti biasanya, lebih cepat lebih baik.
Usahakan supaya banyak makanan berserat dan supaya faeces tidak keras. Luka sayatan umumnya dalam beberapa minggu sudah akan sembuh tetapi rasa sakit akan hilang lebih cepat.


Perawatan post op Fistula
Pada operasi fistula simple, pasien dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi. Namun pada fistula kompleks mungkin membutuhkan rawat inap beberapa hari.
Setelah operasi mungkin akan terdapat sedikit darah ataupun cairan dari luka operasi untuk beberapa hari, ter­utama sewaktu buang air besar. Perawatan luka pasca ope­rasi meliputi sitz bath (merendam daerah pantat dengan cairan antiseptik), dan penggantian balutan secara rutin. Obat obatan yang diberikan untuk rawat jalan antara lain antibiotika, analgetik dan laksatif. Aktivitas sehari hari umumnya tidak terganggu dan pasien dapat kembali bekerja setelah beberapa hari. Pasien dapat kembali menyetir bila nyeri sudah berkurang. Pasien tidak dianjurkan berenang sebelum luka sembuh, dan tidak disarankan untuk duduk diam berlama-lama. 

Perawatan post op Fistula :
1.      Harus diberi tampon di lubang bekas nanah. Tampon berupa kasa betadin.
2.      Untuk mengganti tampon, tampon yang lama harus diambil terlebih dahulu. siapkan air panas. Campur dengan air dingin. Masukkan soda bath. aduk hingga rata. Rendam tubuh yang sakit ke dalam baskom yang berisi campuran air panas+dingin+soda bath. ambil kasa lama pada saat bagian tubuh yang luka direndam di baskom (sangat mengurangi sakit kalau dengan cara yang biasa.
3.      Minum ponstan/pain killer. Bersihkan luka dengan NaCl (7 hari pasca operasi, biarkan perawat yang melakukannya). Gunakan ponstan/pain killer untuk mengurangi rasa perih ketika kasa yang dibasahi larutan NaCl membersihkan luka yang masih baru. tujuh hari yang sangat menyiksa tapi pekan kedua pasca operasi, jaringan sudah mulai tumbuh dan kulit terasa tebal jadi tidak terlalu sakit lagi.



12 komentar:

  1. Ini kisah saya yang br tempur melawan fistula ani yang menyakitkan...
    Jujur demi allah di tahun 2013 saya kena fistula awal kena fistula saya tiga bulan sakit di lubang anus dan gatal...disertai demam...sayaPergi ke dokter di banda aceh puskesmas meuraxa...dan saya di anjur kan untuk brtemu dokter bedah untuk oprasi di rumah sakit ibu dan anak banda aceh...tapi yang mengejutkan dari impo teman saya yang juga seorang dokter dan memiliki apotik di meuraxa banda aceh ..bila oprasi fistula itu tak cukup 1x oprasi...dalam hati saya wah gawat ni!! Akhirnya saya putus kan tidak oprasi dan saya cari obat herbaluntuk penyakit saya..karna obat medis tidakb ada yang sanggub untuk menyembuhkan fistula...saya sudah coba propolis 5 botol dan jelly g gold 7 botol dan extrak manggis 5 botol yang kata nya bisa sembuhkan fistula...tr nyata saya korban iiklan di internet fistula dan hasil nya nol....!!! Dan alhamdulillah di tahun 2014 sayajumpa dengan seseorang di banda aceh nama nya pak melan...dia menganjur kan pakai prouduk yang kata nya sangat mujarab...akan tetapi prouduk nya 3-6 macam dengan harga yang cukup mahal...wah dalam hati saya banyak banget??? Tapi gak masalah asal bener bisa sembuh 1-3 bulan menurut kata nya...ya akhir nya saya coba juga... Dan ambil yang paket buster karna saya ingin cepat sembuh karna ini sangat menyiksa saya...3 bulan saya demam dan tak bisa bekerja dan pada akhir nya alham dulillah baru 6 minggu saya minum hasil nya gila!!! Lobang fistula kering dan tak ada sakit lagi...tapi makanan juga harus di jaga juga...bila ada sahabat yang belum sembuh dan ingin sembuh secepat nya kita bisa sharing...ini no saya...hp 085361675232 & bbm 7cb2b113... Trimakasih semoga ada pencerahan buat kita semua. Senang bisa saling membantu sesama penderita fistula...AMIN

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. halloo semua,saya ingin menceritakan pengalaman saya terkena fistula,sekitar 6 tahun yang lalu saya menderita penyakit fistula ani.
    pertama kali saya terkena fistula saya kira bisul,2 minggu saya tdk bisa jalan karena sakitnya luar biasa dan akhirnya pecah sendiri walau saya sudah kedokter 2 kali dan hanya dikasih obat plus salep yang menurut saya tidak terlalu membantu.
    2 tahun setelah pecah,nanah tidak pernah berhenti keluar setiap hari,tetapi saya diamkan karena saya takut operasi.
    2 tahun berjalan timbullah fistula ani yang kedua,berbekal pengalaman di fistula yg pertama saya langsung ke toko obat untuk menanyakan dokter operasi yang bagus. toko obat tersebut memberikan saya obat yang saya juga tidak tau merek nya karena sama dia udah di packing,saya disuruh minum 1 minggu full dan apabila tidak sembuh baru saya ke dokter bedah. ternyata sekitar 8 harian fistula saya sembuh total karena meminum obat tersebut. sampai sekarang uda sekitar 3 tahunan saya fistulanya ga kambuh,lubang nya tertutup dan bengkak nya hilang.

    saya ingin membantu orang2 yang menderita fistula sehingga tidak usah operasi dan menghabiskan uang banyak.
    bagi yang minat bisa sms saya ke 087885554609,sms saja karena aktifitas saya di kantor dan saya hanya membantu membelikan obatnya dan saya tidak menjual obatnya
    sekian pengalaman dari saya

    BalasHapus
  4. Selamat Pagi, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.

    031-5020588 / 5026502
    WA : +6281 331777697
    Line : +6281 4026 2166
    Phone : +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. maaf semua nya... saya juga penderita fistula ani sudah sejak tahun 2010 dan saya juga sudah menjalankan oprasi sampai 4x yang tr akhir saya oprasi ke india, di indonesia saya sudah brobat ke mana mana tapi juga tak kunjung sembuh, dan ini saya juga masih merasa nyeri dan sakit... saya sudah coba segala yg di bilang teman,saudara tapi juga belum jodoh...kata dokter yg selama ini saya temui mereka bilang kalau penyakit ini gampang gampang susah karna penyakit fistula ini walau sudah di oprasi pasti bisa kambuh lagi, dan harus oprasi ulang, ada yg satu kali oprasi sembuh ada yg 2x sembuh bahkan ada yg tanpa oprasi juga sembuh... semua tu trgantung faktor tubuh, imun,kebersihan, pola pikir, asupan yg kita kosumsi...dokter bedah sendiri masih bingung kenapa kok bisa kmbuh lagi walau sudah di angkat semua canel ny yg tr infeksi baktri...konon kata dokter yusuf baktri ini sangat aktif sehingga trus merabat jalan walau sudah di angkat melalui dna baktri yg tr tinggal di dalam ny...sesungguh ny allah lah yg maha menyembuh kan obat dan dokter itu hanya perantara ny.. yg penting kita mau br usaha dan menjalani pantangan ny.. saya prcaya allah pasti sembuhkan penyakit fistula saya..saya banyak tau tentang penyakit ini, yang pada inti nya penyakit ini mengajak kita untuk menjaga kesehtan dan kebersihan karna sehat itu mahal dan kalau sudah sakit jauh lebih mahal harga ny..semoga kita semua bisa sembuh dari penyakit ini...amin

    BalasHapus

  6. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia
    BBM INVITE:{D8980E0B}

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. YANG MAU KONSULTASI DAN BROBAT HARAP VIA TLP ATAU WA... SEMOGA PENGOBATAN YG SAYA TERAPKAN NANTI NYA KEPADA ANDA BISA MEMBANTU KESEMBUHAN SAUDARA SEKALIAN INSYAH ALLAH ... NO YANG DAPAT ANDA HUB 085361675232

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kehilangan Hp jadi nomor ini dan email ini hilang๐Ÿ™
      Saya pakai nomor baru dan email baru.

      Hapus
  9. Metode Penyembuhan Al Quran Gratis !!! buktikan !!!

    Sesungguhnya ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Al Insan 29)

    1. Taubatan Nasuha
    ูَุฅِู† ูŠَุชُูˆุจُูˆุง ูŠَูƒُ ุฎَูŠْุฑًุง ู„َّู‡ُู…ْ ۖ ูˆَุฅِู† ูŠَุชَูˆَู„َّูˆْุง ูŠُุนَุฐِّุจْู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَุฐَุงุจًุง ุฃَู„ِูŠู…ًุง ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ۚ ูˆَู…َุง ู„َู‡ُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ู…ِู† ูˆَู„ِูŠٍّ ูˆَู„َุง ู†َุตِูŠุฑٍ

    Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi. [At Taubah : 74]

    √ sholat taubatan nasuha 2/4 rakaat
    √ sholat tahajut 2/4 rakaat

    2. Shalat Fardhu 5 waktu + penyempurnaan gerakan Solat

    3. Mendengarkan, Membaca, Memahami isi ayat dalam Quran

    4. Obat Herbal
    - Daun sirih + Binahong blender + rebus + saring ( dzikirullah sebelum diminum 2x sehari )

    - Madu Murni peternakan (bukan kemasan minimarket )

    ูŠَุฎْุฑُุฌُ ู…ِู†ْ ุจُุทُูˆู†ِู‡َุง ุดَุฑَุงุจٌ ู…ُุฎْุชَู„ِูٌ ุฃَู„ْูˆَุงู†ُู‡ُ ูِูŠู‡ِ ุดِูَุงุกٌ ู„ِู„ู†َّุงุณِ

    “Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS.an-Nahl:69)

    - Habbatus Sauda

    Hadits dari Abu Hurairoh sesungguhnya beliau mendengan Rasululloh SAW bersabda :
    " Dalam habbatus sauda' (jintan hitam) terdapat obat dari segala penyakit kecuali Kematian."

    5. Tawakal hanya Kuasa Allah pemilik kesembuhan

    ูˆَุฅِุฐَุง ู…َุฑِุถْุชُ ูَู‡ُูˆَ ูŠَุดْูِูŠู†ِ

    “Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkanku.” (QS.ash-Shuara:80)

    Nb : Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” (Surat Al An’am : 17)

    Konsultasi detail + terapis gratis
    Whatsapp 082220828887

    BalasHapus
  10. Selamat buat yang sudah sembuh, tetep jaga kesehatan.
    Semoga tidak kambuh lagi.
    Amiin๐Ÿคฒ
    Ini saya membuat blog pribadi saya semoga br manfaat nantinya bagi yang belum sembuh dan ingin sembuh.
    Ini blog saya https://doktermuhammadyusuf.blogspot.com/2022/02/cara-menyembuhkan-fistula-anus.html?m=1
    Kunjungi dan baca dan pahami dengan bijak๐Ÿ™

    BalasHapus